Kamis, 15 Maret 2012

JANGAN TAKUT MINTA MAAF!


“ Maaf” siapa yang tidak pernah dengar kata itu? benarkah? Atau siapa yang tidak pernah mengucapkan kata itu? sempurnakah?. Satu kata yang semua orang didunia, saya yakini pasti pernah mendengar dan mengucapkannya. Bagi yang tidak pernah mendengarnya, mudah-mudahan mereka adalah orang-orang yang hidup dalam jalan kebaikan yang selalu dilimpahkan kenikmatan saling memaafkan tanpa harus berucap kata maaf. Dan bagi yang tidak pernah mengucapkannya, mungkinkah? Sesempurna apakah, sehingga tidak pernah mengucap kata itu, atau begitu besarkan tingkat egoistic dan harga diri yang menjunjung di dalam dadanya sehingga tidak berani mengucapkan kata itu.
Orang tidak akan menjatuhkan harga diri dengan meminta maaf dan dengan memaafkan maka orang akan jadi mulia. Tapi apa jadinya jika semua bisa selesai dengan minta maaf? Sepenting apakah kata itu? bukannya dengan semua selesai saat orang berkata “ maaf” atau “ ya,, maaf” dengan sedikit action memelas atau air mata berurai maka… polisi dan penjara akan jadi tak berguna.
Mungkin bisa jadi itu menjadi logika pembenaran untuk kita tidak menerima kata maaf. Tapi seperti saya katakan sebelumnya, anda tidak akan menjatuhkan harga diri anda ketika meminta maaf, justru anda akan menjadi lebih menghargai diri anda dan orang lain ketika anda meminta maaf. Lepas dari anda salah atau tidak, ( nb : manusia adalah pemilik dari segala salah, dan hanya ALLAH yang memiliki hak mutlak akan kebenaran) memulai atau meminta maaf terlebih dahulu adalah sesuatu yang sangat amat mulia jika dilakukan.   
Ketika maaf itu terucap dari mulut, dan segera mendapat satu kata sambutan baik dari si lawan bicara “ iya, sama-sama” atau “ iya, aku juga minta maaf”. Maka hati ini seakan meleleh (ice cream kali) alias “L-E-G-A”. Ya begitulah rasanya, jika kita meminta maaf, atau sebaliknya dengan lebih dulu memaafkan orang lain. Rasanya beban dipundak yang tadinya berkilo-kilo berkurang drastis dan jadi plong. Secara kita bukan hanya akan mempertahankan silaturahmi yang telah terjalin sebelumnya, tapi InsyaAllah akan memperkukuhnya. Tak terbebani dengan wajah-wajah cemberut yang akan menyapa kita setiap hari karena tak berteman dengan kata maaf. Tak tersibukkan dengan menepuk dada ketika orang-orang memandang sinis ke arah kita.
So, everybody… mulai saat ini, jangan takut minta maaf ya! Mau yang lebih tua, atau lebih muda, mau yang lebih cantik atau lebih je… ups… kurang cantik. Mau yang lebih manis atau kurang manis, mau yang lebih dewasa atau anak-anak, mau yang lebih ganteng atau kurang ganteng, mau yang lebih berpengalaman atau belum. Mau yang lebih berilmu atau kurang berilmu. Semua boleh minta maaf lebih dulu. (betul-betul-betul). Tapi,,,, itu juga berlaku sebaliknya. Semua boleh lebih dulu memaafkan kesalahan orang lain.
Okay, bray,,, tetap semangat
NB : Buat semua yang udah dijahilin, dan diisengin, dan diapa-apain ^_^….. peace salam damai, mak, abah, kakak, adek, nenek, datuk, mak uwo, pak uwo, temen dekat, teman jauh, teman yang nggak dekat dan nggak jauh, sodara-sodara, dan sodari-sodari…. MAAFIN AYE…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar